Friday, January 27, 2012

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi merupakan ikhtisar dari pendapatan dan beban-beban untuk suatu periode masa atau waktu tertentu. Beban usaha pada laporan laba rugi perusahaan dagang dibedakan antara beban penjualan serta beban umum dan administrasi, sehingga memudahkan pemimpin perusahaan untuk menganalisis pengeluaran beban usaha. Beban penjualan adalah beban usaha yang berhubungan langsung dengan penjualan, antara lain beban iklan, beban gaji bagian penjualan, beban perlengkapan toko dsb. Beban umum dan administrasi adalah beban usaha yang berkaitan dengan administrasi kantor.
Terkait dengan pencatatan beban , laporan laba rugi dapat disusun dengan 2 metode ; langkah langsung (single step) dan langkah bertahap (multiple step).

1. Langkah Langsung (single step) ,  laporan laba rugi yangmenggunakan langkah langsung tidak membedakan beban penjualan dengan beban umum dan administrasi. Metode ini banyak digunakan oleh perusahaan kecil dengan jenis transaksi tidak terlalu banyak. Contoh :

2.Langkah Bertahap (multiple step) , Pada langkah bertahap, beban penjualan, beban umum dan beban administrasi, serta pendapatan dan beban lain-lain dibedakan satu sama lain dan dikelompokkan sesuai dengan kelompok masing-masing. Contoh :

7 comments:

  1. Replies
    1. pakai untuk mengetahui seberapa mampukah suatu perusahaan memeroleh laba dalam suatu periode tertentu

      Delete
  2. Fungsi dari laporan laba rugi itu apa ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih mudah menggunakan bentuk langsung atau bentuk tidak langsung??

      Delete
    2. tergantung daari jenis usahanya dan ruang lingkup usahanya

      Delete
  3. beda nya apa tuh ? langkah langsung dengan langkah bertahap ?

    ReplyDelete
  4. kita juga punya nih jurnal mengenai laba dan rugi perusahaan, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3468/1/JURNAL%20_21205189__2.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    ReplyDelete