Friday, January 27, 2012

Pembuatan Kertas Kerja Perusahaan Dagang

Langkah-langkah pembuatan kertas kerja perusahaan dagang secara mendasar adalah sama dengan pembuatan kertas kerja pad perusahaan jasa. Meskipun demikian, perlu dipahami sifat beberapa akun antara lain :
1. pembelian , beban angkut pembelian, retur pembelian dan pengurangan harga , potongan pembelian ;
2. Penjualan, retur penjualan dan pengurangan harga , potongan penjualan ;
3. Persediaan barang dagang.

Langkah-langkah Pembuatan Kertas Kerja Perusahaan Dagang
1. Siapakan kertas kerja sesuai dengan kebutuhan, lalu pindahkan saldo akun buku besar ke neraca saldo pada kertas kerja.

2. Pindahkan ayat jurnal penyesuaian ke lajur peyesuaian kertas kerja.

3. Sesuaikanlah saldo dengan cara menambah atau mengurangi saldo masing-masing akun pada neraca saldo sesuai dengan ayat jurnal penyesuaian pada akun yang bersangkutan.

4. Pindahkan saldo akun ikhtisar laba rugi  pada lajur penyesuaian ke lajur neraca saldo disesuaikan dan lajur laporan laba rugi dengan jumlah dan posisi yang sama, tanpa diselisihkan kedua lajur tersebut.

5. Pindahkan saldo akun-akun pada neraca saldo disesuaikan ke laporan laba rugi bagi akun nominal (pendapatan dan beban), dan lajur neraca bagi akun rill (aktiva, kewajiban dan modal).

6. Tentukan saldo laba/rugi  bersih pada lajur laporan laba rugi. Perusahaan memperoleh laba bersih jika sisi kredit lebih besar dari sisi debet pada lajur laporan laba rugi dan rugi bersih jika sebaliknya. Lalu pindahkan saldo laba/rugi bersih ke lajur neraca. saldo laba bersih akan dipindahkan ke sisi kredit pada lajur neraca dan saldo rugi bersih akan dipindahkan ke sisi debet pada lajur neraca.

7. Jika lajur-lajur pada kertas kerja telah dijumlahkan dan masing-masing lajur itu telah sama besar, maka tutuplah kertas kerja itu.

3 comments: